Rabu, 24 Juni 2009

Bungkus ya mbak.. mau makan berdua adeek.. (pahlawan Kecilku)

Bungkus ya mbak.. mau makan berdua adeek.. (pahlawan Kecilku)

Judul diatas,bukan tetang saya yang kangen akan rumah atau home sick,, tetapi sebuah kisah menarik di stasiun Gambir berikut ceritanya..

Beberapa hari lalu dijakarta saya sedang berbincang dengan seorang wanita di daerah Stasiun Gambir.. setelah kita berbicara ngolor ngidul kemana-mana ada kejadian menarik yang sangat menyentuh hati..
sehabis kita lunch bareng ada seorang anak kecil peminta-minta kira-kira berumur 5 tahunan datang menghampiri kami dan mulai berdialog:

a_kecil : mas, mbak.. minta donk laper neh belom makan..
kawan : kamu namanya siapa? kok kamu minta-minta, orang tua kam dimana?
a_kecil:ada tuh disono..
kawan: sono mana? papa kamu mana?
a_kecil: papa udah meninggal, udah lama..
kawan: ooh.. ibu mana?
a_kecil: ibu ada lagi mulung, aku juga punya adek donk satu..
saya: oh yaa?? trus adenya mana? ngak ikut kamu? apa ikut ibu?
a_kecil: ngak kok ada dirumah..
saya: ooh.. dirumah, sama sapa? rumahmu dimana?
a_kecil: ada di sono, dibawah pohon.. aku rumahnya ada dua donk.. satu jauh harus naik kereta lama deh pokoknya.. satu lagi di bawah pohon.. disono deket..
kawan: kok ditinggal sendiri adeenya, berapa taon?
a_kecil: 1 taon.. abis kan lagi pada cari makan mbak.., ayo donk mbak, beliin makan donk, aku lom makan neh dari pagi.. tadi cuma makan dikit pake tempe..
kawan : iya sini mbak beliin, tapi dihabisin yaa, kalau ngak dihabisin itu.. do..??
a_kecil: do..sa.. mbak, iya mbak pasti dihabisin, laper mbak..

kawan saya memesan makanan untuk si anak kecil tersebut, tetapi sesaat kemudian anak kecil tersebut berkata :

a_kecil: mbak, aku makannya dibungkus aja yaa, mau makan sama ade, kasian ade juga belom makan.

saat mendengar itu sungguh saya terhenyuk dan kaget, wow anak berumur 5 tahun bisa mengatakan seperti itu, saya menjadi malu dengan diri saya sendiri.. anak sekecil itu, yang penghasilannya saja tak tentu,
dengan keaadan lapar tetapi mampu berbagi..., saya saja mungkin tidak mampu berkata seperti itu, bahkan mungkin untuk saat ini..tetapi saya disadarkan oleh anak 5 tahun.. GOD andai saja saya tidak berpikir sedikit egois dan berpikir im a man.. saya mungkin sudah tersenyum dan menangis sambil memeluk anak itu..

seorang anak kecil berumur 5 tahun, mampu mengajari saya berbagi dengan yang lain, menghilangkan keegoisannya, memberi dirinya untuk berbagi dengan yang lain... yang mungkin untuk anak seusianya, keegoisan selalu muncul, untuk berbagi mainan saja mereka tidak mau apa lagi makanan.. tetapi hari itu saya disadarkan, bahwa ketika anak kecil saja mampu memberi dari kekurangannya, maka seharusnya saya juga dapat berbagi..

Orang kaya berbagi dari kelebihannya, itu hal yang lumrah.. tetapi ketika kita memberi disaat kita pun kekurangan.. itu sungguh luar biasa..


Hari itu, Sabtu, 9 mei 2009... anak kecil itu yang bernama mia telah menjadi pahlawan bagiku, telah mampu bersaksi bagiku.. sungguh.. dia pahlawanku!!



menulis dari Hati,

Thom..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Comment Anda disini..